Kamis, 13 Januari 2011

Tanah Laut Calon Kota Metropolitan

Bagaimana tanggapan anda?
Sebagai salah satu warga di kabupaten jelas ini adalah salah satu kebanggaan meskipun pasti juga ada dampak negatifnya.
Berdasarkan berita yang dituliskan pada Banjarmasin Post Online, bahwa tanah laut adalah salah satu dari lima kota metropolitan yang di rencanakan. Ini dia beritanya 


Kalsel Bakal Miliki Lima Kota Metropolitan

Banjarmasinpost.co.id - Kamis, 13 Januari 2011 
Tahun ini, Kalsel memulai cikal bakal berdirinya lima kota metropolitan. Kota tersebut adalah Banjarmasin, sebagian Kabupaten Batola, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Tanahlaut.

Hal tersebut diungkapkan oleh staf Bidang Tata Ruang dan Bina Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Kalsel, Edy Sofyan usai menghadiri penyerahan piagam PKPD PU dan Penghargaan PU peringkat Kedua Atas Pencapaian Kinerja Terbaik Bidang PU Cipta Karya Penyelenggaraan Pemukiman Kategori Kota Besar Tahun 2010 di Kantor wali Kota Banjarmasin.
Tahun lalu, lanjutnya, sebenarnya sudah dimulai pelaksanaan rencana tersebut. Awalnya dimulai dengan studi banding ke Makassar yang telah sukses menjalankan program ini.

Penerapannya, akan dimulai tahun ini. "Sebagai langkah awal, bakal dilaksanakan dulu kesepakatan antar kepala daerah di lima kota ini dengan membuat MoU. Selanjutnya, akan dibuatkan peraturan daerahnya," ucapnya kepada media ini. ( disadur dari http://banjarmasin.tribunnews.com )

Apa itu kota metropolitan?
Menurut wikipedia, 
Wilayah metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya.
Kiranya pantaslah kalau Tanah Laut dijadikan sebagai salah satu kandidat, karena daerahnya yang indah dan asri. Selain itu Tanah laut juga menjadi incaran para pekerja dari pulau jawa untuk mengadu nasib, bukankah berarti pamornya hampir menyamai ibukota negara yang selalu dikunjungi oleh warga untuk mencari peruntungan nasib. 
Berikut ini adalah gambaran kota kecil Pelaihari yang sudah meraih adipura (bangganya...xixixi, gambar ini saya dapat dari aankada.blogspot.com)
Tugu Simpang 3 Angsau

TPA Bakunci

Jalur satu arah Gunung Kayangan

Obyek Wisata Gunung Kayangan

Kolam Renang Tirta Kencana, Gagas

Wisata Kuliner, lapangan tugu Pelaihari

Taman Mina Tirta

Taman Mina Tirta

Monumen Tanah laut, Komp. perkantoran gagas

Pasar Tapandang, Pelaihari

Mesjid Syuhada, Pelaihari

Pantai Takisung

Taman Kijang Kencana

Lapangan Tugu, Pelaihari


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanallah.. terima kasih ya sudah posting ttg pelaihari. Kebetulan sy lg perlu info ttg pelaihari. Salam kenal.

Eka Fitriani mengatakan...

Terimakasih, salam kenal kembali,,,

Posting Komentar

Karena masih belajar jadi sangat berharap saran dan kritik dari orang lain, silahkan tuliskan komentar Anda.

KOMENTAR ANDA

BARIS IKLAN