Selasa, 25 Januari 2011

SK Honorer di Tala Diverifikasi

(kunjungi Website Dinas Pendidikan Tanah Laut)

Dinas Pendidikan Tanahlaut mendata dan menata ulang (verifikasi) keberadaan guru honor. Diperkirakan ada beberapa orang yang dimungkinkan tereliminasi lantaran tak memenuhi standar kualifikasi.Informasi diperoleh, hanya sekitar separuh dari 1.799 orang guru honorer di Tala yang memenuhi standar kualifikasi sebagai tenaga guru. Selebihnya kurang memenuhi syarat.

"Cukup banyak yang cuma berpendidikan SMP. Secara akademik, ini jelas tak memenuhi standar kualifikasi karena sekarang seorang guru serendahnya harus berpendidikan sarjana. Tak cuma itu, tapi juga harus memenuhi standar kompetensi," kata Kadisdik Tala H Hasbullah Mahlan.

Menurut dia, standar kompetensi tersebut mutlak. Misalnya seorang guru mengajar di TK (taman kanak-kanak), maka yang bersangkutan harus berpendidikan sarjana guru TK (PGTK). Jika menjadi guru SD maka harus berpendidikan PGSD.

Jika merujuk standar tersebut, kata Hasbullah, cukup banyak guru honor di Tala yang tak memenuhi syarat. Meski begitu pihaknya tak lantas serta merta mencoretnya.

Pihaknya mempertimbangkan dan menghargai pengabdian mereka sehingga hanya akan mempersyaratkan mereka memenuhi standar minimal.

Implementasi riilnya yakni tetap mengakomodasi mereka yang belum berpendidikan sarjana sebagai guru honor. Solusinya, mereka harus membuat pernyataan komitmen tertulis untuk melanjutkan pendidikan sarjana sesuai kualifikasi kompetensinya.

"Tetap kami bijaksanai. Itu nanti kami ajukan kepada Pak Bupati untuk diberikan kebijakan khusus bagi mereka yang tak memenuhi standar kualifikasi," kata Hasbullah.

Apakah dengan kebijakan tersebut kelak semuanya bisa diakomodasi (tetap menjadi guru honor)? Hasbullah tak bisa memastikannya. Namun ia menegaskan pihaknya akan mengupayakannya semaksimal mungkin dengan tetap memperhatikan ketentuan yang ada.(yas-humastala/banjarmasinpost)

Dikutip Dari Website : http://tanahlautkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Karena masih belajar jadi sangat berharap saran dan kritik dari orang lain, silahkan tuliskan komentar Anda.

KOMENTAR ANDA

BARIS IKLAN