Rabu, 02 Februari 2011

Banjir Bandang Wasior


Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. Terjadi pada tanggal 4 Oktober 2010. 
Salah satu contohnya yang terjadi di Indonesia adalah Banjir Bandang Wasior. Banjir bandang merupakan suatu proses aliran air yang deras dan pekat karena disertai dengan muatan masif bongkah-bongkah batuan dan tanah (sering pula disertai dengan batang-batang kayu) yang berasal dari arah hulu sungai. Selain berbeda dari segi muatan yang terangkut di dalam aliran air tersebut, banjir bandang ini juga berbeda dibandingkan banjir biasa. Sebab, dalam proses banjir ini, terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba dan cepat meskipun tidak diawali dengan turunnya hujan.
Banjir bandang wasior menyebabkan sekitar 110 tewas dan 450 lainnya hilang. Menurut Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) banjir bandang yang terjadi di Wasior memang disebabkan oleh kerusakan hutan di kawasan kabupaten Teluk Wondama. Menurut Walhi sekitar 30-40 persen hutan di kawasan Hutan Suaka Alam Gunung Wondiboi dan kawasan Taman Nasional Laut Teruk Cenderawasih mengalami alih fungsi. Akibatnya, Kali Angris dan Kali Kiot meluap dan membawa bencana bagi Wasior.
Hal tersbut dibuktikan karena pada saat banjir bandang ditemui ratusan gelondongan kayu disertai lumpur dan batu besar bertebaran di seluruh wasior. 

0 komentar:

Posting Komentar

Karena masih belajar jadi sangat berharap saran dan kritik dari orang lain, silahkan tuliskan komentar Anda.

KOMENTAR ANDA

BARIS IKLAN